Kabar Buruk..

25 October 2011.. mungkin tidak banyak orang yang ingat tanggal ini, tapi tidak dengan yang terjadi di tanggal ini.

Satu hari ini timeline twitter gue penuh dengan tweet-tweet mengenai berita buruk di Indonesia. Sekian banyak tweet yang gue baca, hanya membicarakan dua topik.

Pertama,

Pembunuhan anjing secara massal oleh pemerintah kota Palembang dan panitia Sea Games, dengan alasan bahwa mereka takut dengan gejala rabies yang mungkin terjadi pada saat Sea Games dilaksanakan bulan depan di Palembang.

Bodoh, tolol, atau caci maki lainnya keluar dari mulut gue dan mungkin juga dari beberapa orang di Indonesia ketika mereka membaca berita tersebut. Gue sendiri belum baca berita lengkapnya, hanya mengetahui update-update via twitter aja.. Gue pun belum tau pasti siapa yang memunculkan ide pertama kali untuk membunuh anjing-anjing yang bahkan belum tentu mengidap rabies. Tapi sejauh ini, gue menganggap itu adalah suruhan dari pemerintah kota terkait dan juga panitia Sea Games. Kenapa? Jelas banget alasan mereka melakukan itu karena Sea Games. Jadi, gue (secara sepihak) menyalahkan panitia Sea Games. Kalau memang nanti bukan mereka yang menyuruh, bakal gue edit post gue ini kok. Tenang aja. 🙂

Yang jadi masalah paling besar adalah, mereka tuh doing something gak pake mikir ya? Masih ada cara lain gue rasa untuk nanggulangin penyebaran rabies (itupun kalau benar akan terjadi). Masih ada Vaksinasi. Masih ada pilihan Karantina. atau apa lah yaa.. Anything than killing them.

Kedua,

Unesco ngancam mau mencabut Candi Borobudur dari daftar warisan dunia.

Ini nih keterlaluan banget pas gue baca beritanya. Alasannya cuman satu: TIDAK TERAWAT.

Gue sih gak mau nyalahin Unesco yah, karena menurut gue pribadi, again IMHO, itu tugas kita masyarakat Indonesia untuk merawat Candi Borobudur tersebut. Bahkan itu juga tugas turis-turis yang datang ke situ untuk membantu merawat. Di beritanya ditulis ada di beberapa sudut sampai tercium bau pesing karena bekas dikencingi. Arghh.. Gak abis pikir sama sekali. Kok bisa-bisanya yaaaa… Kayaknya bisa banget deh nahan dikit, terus turun dari Candi ke bawah untuk pergi ke WC.

Gak usa itu, hal-hal simple aja seperti sampah yang berserakan. Gue pribadi cuman pernah sekali ke Candi Borobudur dan waktu itu masih bersih banget. Gue gak bermaksud sok perintah atau sok suci atau apa, tapi bukannya mereka yang pekerjaannya di kawasan wisata Candi Borobudur itu punya TUGAS untuk menjaga dan merawat yah? Atau pemerintah daerahnya sendiri yang kurang tanggap?

Apapun alasannya, hal ini bener-bener memalukan kita banget menurut gue. Semoga aja setelah diancam oleh Unesco, mereka yang bertugas menjaga dan merawat mulai bergerak lagi dan bisa mematahkan ancaman yang ada.

Semogaaa.. aminnnn…

Maaf ya kalau agak emosi nulisnya. Karena memang lagi emosi sih. Hehe.. 🙂

UPDATE:

Baru saja baca berita semalam kalau Pemerintah Kota Palembang membantah adanya pembunuhan massal terhadap anjing-anjing di Palembang menjelang Sea Games. Well, we’ll see if it’s true.

But then again, this is just my random pensieri.. Now, it’s up to you. 🙂

Cheers,

Erwindo Pratomo – erwinendo

Leave a Reply

