Sumpah Pemuda atau Aksi Pemuda?

Pagi hari tadi ketika gue buka twitter, perhatian gue tertuju sama satu buah tweet dari temen gue, Dion. Dia bilang begini:

Mending “Sumpah Pemuda” namanya ganti “Aksi Pemuda” biar ada aksinya ga cm sumpah. Ya selamat bersumpah pemuda deh! Enjoy” – @diondelli

Tell you the truth, gue lumayan setuju sama pernyataan temen gue. Tanpa bermaksud merendahkan atau menghilangkan makna sebenarnya dari peristiwa Sumpah Pemuda, di jaman sekarang sekedar kata “Sumpah” itu sudah terlalu common ya. Maksud gue adalah sekarang hampir semua orang itu bisa dengan gampang ngomong “Sumpah” untuk berbagai hal tanpa terkecuali. Makna kata “Sumpah” itupun bergeser dari yang berarti sesuatu, menjadi sesuatu yang orang akan bilang, “ahh.. sumpah2 melulu loe dasar..” or something like that.

Gue sama sekali ga ada maksud bilang bahwa Sumpah Pemuda itu kuno. Nope, Sumpah Pemuda itu menurut gue (walaupun gue gak begitu ngerti sejarah) bisa dibilang satu fondasi yang bisa nyatuin Indonesia dari sebuah sudut pandang. Khususnya pemuda-pemudi bangsa yang masih semangat untuk mikirin Indonesia. Gue lebih suka menganggap Sumpah Pemuda itu adalah tindakan versi lama dari para pendahulu kita. Kita butuh tindakan baru yang sesuai dengan jaman sekarang, contoh paling simple seperti yang temen gue bilang, kita ganti menjadi Aksi Pemuda. Sebuah tindakan versi baru yang diprakarsai (bahasa gue ketinggian yeh? hehehe..) dari Sumpah Pemuda di jaman dahulu. Dengan makna yang sama tapi diberikan sentuhan yang lebih fresh. Karena seperti yang temen gue bilang, hanya sumpah-sumpah gitu sekarang udah sedikit gak berjalan. Toh, yang kita butuhkan adalah aksi yang nyata dan gue yakin udah banyak pemuda-pemudi yang sudah melakukan aksi-aksi untuk merubah atau menyatukan Indonesia.

Atauuu… bisa juga kita rayakan Sumpah Pemuda berbarengan dengan Aksi Pemuda. Kita ingatkan kembali sumpah yang pernah dibuat oleh pendahulu kita dan kita lakukan sesuatu untuk melanjutkan usaha mereka para pendahulu. Gue rasa itu akan lebih memacu semangat kita sebagai pemuda-pemudi. Kita memang sudah bersatu (sebagian besar orang) dengan merayakan hari Sumpah Pemuda ini dengan berbagai cara tapi alangkah baiknya bila setelah itu kita juga melaksanakan suatu aksi bersama-sama yang membuahkan hasil, gak usah yang ribet-ribet dehhh.. yang gampang dan kecil aja apapun itu pasti akan bikin hari Sumpah Pemuda ini jadi lebih bermakna.

Jadi, mana yang elo pilih? Sumpah Pemuda? Aksi Pemuda? atau Sumpah Pemuda & Aksi Pemuda? 🙂

Apapun itu, selamat merayakan hari Sumpah Pemuda! (dan Aksi Pemuda, buat gue)

 

Sekarang, semua terserah elo.. After all, this is just my random pensieri.. 🙂

 

Cheers,

Erwindo – @erwinendo

Random mind in the office..

Leave a Reply

